Back to Top
Artikel Terbaru
Home » » Tanda-Tanda Anak Mempunyai Kecerdasan Tinggi

Tanda-Tanda Anak Mempunyai Kecerdasan Tinggi

Hai kawan ONshare™ kali ini saya ingin berbagi artikel yang saya beri judul Tanda-Tanda Anak Mempunyai Kecerdasan Tinggi. Pasti dimata setiap orang tua, anak-anak mereka anak yang jenius dan cerdas. Bagaimana tidak, setiap saat rasanya ada saja perkembangan kemampuan yang dimiliki anak, entah itu menggambar, bernyanyi ataupun berbicara.


Padahal kebanyakan anak baru bisa disebut jenius atau cerdas itu diusia – usia sekolah. Tapi ada beberapa tanda-tanda  anak diusia dini yang menunjukan apakah mereka memiliki kecerdasan tinggi. Anak-anak dalam usia 2-4 tahun mungkin saja merupakan anak yang jenius atau cerdas jika menunjukan tanda-tanda sebagai berikut :
  • Kemampuan bahasa yang sangat baik, misalnya saja mampu berbicara sangat jelas dengan kalimat yang lengkap lebih awal dibanding teman sebayanya
  • Mencapai tonggak perkembangan (milestone) lebih awal dibanding teman sebayanya.
  • Punya rasa ingin tahu yang tinggi dan tak pernah bosan untuk bertanya.
  • Memiliki talenta khusus, misalnya saja kemampuan artistik anak mampu menggambar sesuatu dengan sangat jelas atau dalam hal angka anak bisa mengingat angka dengan mudah.
  • Sangat aktif walaupun bukan hiperaktif. Anak yang hiperaktif hanya memiliki rentang konsentrasi rendah, sementara anak berbakat mampu berkonsentrasi pada satu hal untuk waktu yang lama.  Ia juga memiliki keinginan kuat pada hal yang menjadi ketertarikannya dan suka melakukan hal yang sulit.
  • Memilki imajinasi yang jelas. Anak berbakat seringkali menciptakan teman imajiner.
Tanda-tanda anak berbakat lainnya mungkin agak sulit untuk dilihat. Ada beberapa anak jenius atau cerdas yang sudah menyadari bahwa mereka “ berbeda “ dari rekan sebanyanya. Hal itu bias saja membuat mereka terasing dan juga menjadi sasaran bullying.
Anak-anak yang jenius atau cerdas juga sering mengalami rasa frustasi karena mereka mampu berpikir lebih cepat disbanding apa yang bias mereka ekspresikan, baik secara verbal maupun fisik.

UJI BAKAT ANAK

Meski orang tua kerap penasaran apakah anak mereka memilki kecerdasan tinggi, kebanyakan anak tidak memerlukan uji bakat sebelum mereka masuk sekolah dasar.
Namun, para ahli menyarankan agar anak dibawa berkonsultasi jika mereka tampak bosa atau menunjukkan gejala gangguan emosional, misalnya tampak cemas, menolak berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, atau sering mimpi buruk.
Menguji tingkat kecerdasan (IQ) anak sudah bias dilakukan sejak mereka usia 3 tahun. Selain tes IQ, bias juga dilakukan tes bakat. Anak yang memiliki tingkat IQ 130 atau lebih dikategorikan sebagai anak jenius. Tingkat kecerdasan rata-rata adalah 85-115
Namun, harus dipahami bahwa saat ini IQ hanyalah factor dari berbagai factor lain sebelum menentukan apakah anak bias disebut jenius atau cerdas.
Mungkin itu saja kawan yang dapat saya bagi pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan jika berkenan tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini, terima kasih.


Sumber : Majalah PRESTASI Jatim

Dapatkan Update Artikel Terbaru

Follow Us

Di Posting Oleh : Mas Onqi

Hai Kawan ONshare™, perkenalkan saya Onqi dari Gresik Jawa Timur. Kegiatan saya sehari-hari adalah bekerja dan juga kuliah, untuk kegiatan blogging ini adalah kegiatan untuk mengisi waktu luang saja. dan terima kasih kawan ONshare™ sudi mengunjungi blog saya ini.
Artikel Dilindungi Oleh : DMCA.com

48 comments:

  1. Kalau ada yang termasuk dan ada juga yang tidak itu gimana gan? Apa masih bisa dibilang tanda-tanda anak cerdas?

    Soalnya, dari beberapa tanda-tanda diatas, yang masuk diane itu cuma yang terakhir gan, memiliki imajinasi yang baik. Sedangkan tanda-tanda lainnya bertolak belakang dengan ane.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang masih ingat ya gan tanda-tanda diatas, kan itu bisa ketahuan kalau umur 2-4 tahun.
      umur segitu emang tanda-tandanya seperti yang terakhir ta atau sekarang itu tanda-tandanya?

      Delete
  2. anak-anak yang cerdas harus diajarkan kerendahan hati sedari awal, agar tidak sombong :)

    ReplyDelete
  3. wah kalo saya bukan termasuk orang cerdas

    ReplyDelete
  4. sepertinya mas omqi tahu bener mengenai anak ya, kebetulan anak saya 2 tahun pada bulan juni besok. coba tak perhatikan apakah poin-poin di atas ada pada anak saya. kalau masalah angka sudah bisa menyebutkan dari satu sampai sepuluh, tapi bicaranya belum jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya hanya berbagi Kang, nikah saja belum apalagi punya anak dan paham mengenai anak. hehehe

      semoga anaknya cerdas kang, Amien

      Delete
  5. info yang bagus gan, terima kasih, ditunggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mas Ahmad F
      ditunggu saja ya
      :D

      Delete
  6. kalo ada standar uji bakat untuk anak mas, tutor prakteknya.
    mnarik di coba

    ReplyDelete
  7. Oooh begitu ya tanda tandanya anak yg mempunyai kecerdasan tinggi..

    kecil aja sudah cerdas. apalagi kalau gedenya, pasti jadi orang sukses. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin saja mas, kalau anak yang cerdas tersebut bisa mengembangkan dirinya

      Delete
  8. Kebetulan saya belum mempunyai anak dan belum menjadi orang tua. terimakasih mas sharingnya, ini bisa jadi pengetahuan dasar bagi saya jika suatu saat nanti punya anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, semoga bermanfaat

      Delete
  9. mudah-mudahan suatu saat nanti punya anak yang cerdas.. hihi AMiinn :)
    nice share gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien, semoga kita semua punya anak yang cerdas

      Delete
  10. Sangat lengkap keterangan dan penjelasan tanda pada anak yang mempunyai
    Kecerdasan, yang di kemas ringkas oleh Mas Onqi ini, dan artikel ini bisa
    Saya jadikan pengetahuan buat menilai anka saya nih Mas makasih Mas Onqi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak, semoga bermanfaat

      Delete
  11. wah, ini sangat memabntu sekali buat para orang tua
    dan pelajaran bagi yang belum berkeluarga termasuk saya
    thanks mas Onqi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip mas, senang rasanya bisa bermanfaat :D

      Delete
  12. saya selalu perhatikan, anak2 yang sudah pandai bertutut dan banyak bertanya, itulah yang mempunyai IQ yang tggi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga anaknya cerdas mbak Anies

      Delete
  13. tp klo sejak kecil sudah dimasukan ke tempat les/bimbel sih sama aja menyiksa anak, betul nggak sob? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sebenarnya sih begitu
      belum kuat untuk berfikir lebih
      :D

      Delete
  14. mantap nih infonya Mas, jadi dengan cara ini kita bisa tau ya anak cerdas atau gk :)

    ReplyDelete
  15. tentunya menyenangkan yia bos jika adik atau anak kita mempunyai tanda2 yang di sebutkan diatas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, pastinya itu
      senang banget

      Delete
  16. gara gara baca artikel soal tanda anakku cerdas, jadi ngliatain si bungsu lagi tidur depan tv noh....kalau menurut artikel ini seh...si bungsu termasuk ber IQ tinggi nih...;o)

    ReplyDelete
  17. wah makasih sheringnya mas, walaupun saya belum mempunyai anak tapi mungkin ini sangat diperlukan jika nanti saya mempunyai anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas sebagai pengetahuan tentang anak cerdas atau tidak

      Delete
  18. Anak-anak cerdas katanya termasuk yang hiper aktif ya Mas ? :D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan pak, kan diatas sudah dijelaskan pak

      Delete
  19. sama kaya gue, gue dulu waktu kecil pintar banget, pas gede aja bego nya :3 mungkin effek kepala acap terbentur -_-

    ReplyDelete
  20. Kunjungan rutin Maz... met pagi met berakhir pekan :)

    ReplyDelete
  21. Kl saya beranggapan tdk ada anak yg bodoh. Ada 8 (kl gak salah) jenis kecerdasan. Kl anak kurang baik di salah satunya, yakinlah ia akan unggul di jenis yg lainnya.

    Nice post.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya seperti itu pak
      ada kelebihan dan kekurangan

      Delete
  22. luar biasa ya kalau anak bisa jenius getu, pasti bakal jadi anak ajaib ya mas ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, ya gak juga mbak
      masak jadi anak ajaib :D

      Delete