Back to Top
Artikel Terbaru
Home » » Cara Mendidik Anak Agar Mampu Mandiri

Cara Mendidik Anak Agar Mampu Mandiri

Hai kawan ONshare™ kali ini saya ingin berbagi artikel tentang bagaimana Cara Mendidik Anak Agar Mampu Mandiri, walaupun saya sendiri masih belum punya anak, ya mau gimana punya anak istri aja belum punya. Oke lanjut ke dalam topik, anak yang mandiri tentu tidak selalu mengandalkan orang tuanya, ia akan lebih bertanggung jawab pada kehidupannya. Dan tentu sikap mandiri tidak datang dengan sendiri, melainkan kita harus menciptakannya dan dibutuhkan kerjasama antara anda sebagai orang tua dan anak. Berikut adalah sikap-sikap yang dapat dilakukan untuk menciptakan kemandirian pada anak.

1. Berhenti Melindungi Anak
Seringkali orang tua tidak ingin anaknya pergi keluar pada malam hari atau pergi sendiri ke sekolah sendiri karena melindunginya. Tetapi, untuk mengasuh anak dan menjadikan mereka mandiri, Anda perlu menahan sedikit naluri pelindung anda, apalagi jika cenderung mengekang. Biarkan anak-anak menggunakan transportasi umum dan biarkan mereka berani keluar dan belajar mengambil resiko untuk diri sendiri.

2. Biarkan Mereka Melihat Kerasnya Kenyataan
Kerasnya kenyataan tidak melulu mengenai pemerkosaan, HIV AIDS, prostitusi, pornografi, dan masih banyak lagi. Namun, anak-anak anda tidak bisa polos selamanya. Mungkinkan mereka untuk melihat berita yang berkaitan dengan topik ini sehingga mereka tahu apa yang terjadi didunia.

3. Berikan Uang
Anda dapat memberikan anak anda cukup uang untuk memulai sesuatu dari mereka sendiri. Tetapi, jangan beri mereka terlalu banyak yang membuat mereka terlalu puas. Pastikan bahwa mereka tidak kelaparan tetapi ajarkan juga bahwa anak juga bahwa anak harus bekerja keras untuk menghidupi kehidupannya.

4. Biarkan Mereka Membuat Kesalahan
Jangan terlalu takut ketika mengetahui anak anda didenda karena berkendara dengan cepat atau gagal ujian. Kebebasan itu mutlak. Tetapi pastikan anda mengambil tindakan hukuman yang tepat untuk hal itu. Jika anak gagal dalam ujian, kurangi uang sakunya. Jika mereka minum-minuman beralkohol dan mengemudi, jangan biarkan mereka berkendara. Hukuman harus relevan dan membuat jera ditempat yang tepat

5. Dorong Merea Untuk Mengeluarkan Pendapat
Pendapat anak mungkin sedikit berbeda dengan anda tetapi penting sekali untuk bertanya pendapat mereka. Nah, oleh karena itu dorong mereka untuk berbicara dan berdebat dengan anda tentang beberapa hal. Tetapi ingat, berdebatlah dengan sehat sebab berdebat itu baik. Inilah alasannya mengapa anda harus membiarkan anak menjadi mandiri.

Mungkin itu saja kawan yang dapat saya bagi pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan jika berkenan tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini, terima kasih.


Sumber : Majalah PRESTASI

Dapatkan Update Artikel Terbaru

Follow Us

Di Posting Oleh : Mas Onqi

Hai Kawan ONshare™, perkenalkan saya Onqi dari Gresik Jawa Timur. Kegiatan saya sehari-hari adalah bekerja dan juga kuliah, untuk kegiatan blogging ini adalah kegiatan untuk mengisi waktu luang saja. dan terima kasih kawan ONshare™ sudi mengunjungi blog saya ini.
Artikel Dilindungi Oleh : DMCA.com

29 comments:

  1. Replies
    1. Wah, mau beli berapa brow pertamaxnya
      hehehe

      Delete
  2. Mencoba dipraktekin ya mas makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sama-sama
      silahkan dipraktekin

      Delete
  3. Wah makasih mas, 1 lagi jgn paksa anak meminta maaf jika membuat salah, agar mereka tahu apa itu arti maaf dan fungsinya, serta yang jelas jangan batasi anak dalam bersosialisasi, kita hanya perlu mengontrolnya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas
      mengontrol tentang apa yang boleh dilakukan dan juga yang tidak boleh

      Delete
  4. saya suka dengan artikel ini mas onqi dengan cara seperti itu mereka mampu mandiri dengan baik ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas
      mandiri tapi bukan mandi sendiri low ya.
      hehehe

      Delete
  5. Serba salah ya mas, kalau di bebasin ntar bisa salah pergaulan. Kalau di kekang juga bisa broken Home..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya jangan terlalu membebaskan dan juga mengekang mas
      perlu dikontrol saja

      Delete
  6. keren banget nih cara mendidik anaknya supaya mandiri...walau kenyataannya ngga semudah itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      iya ya pak
      gak tahu saya, wong belum pernah mendidik anak

      Delete
  7. Subhanallah. Walau agak keras dan ala militer triknya, namun bisa menjadi masukan dan sumbangsih pemikiran bagaimana mendidik anak anak agar mandiri di usia se dini mungkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, cara mendidik diatas memang sedikit keras tapi hal tersebut dilakukan hanya ingin yang terbaik buat anaknya.

      Delete
  8. sedari kecil saya dilatih untuk mencari penghasilan sndiri, walaupun sedikit demi sedikit, tapi orang tua berhasil menanamkan semangat berbisnis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah selamat ya mbak
      ajarin donk dalam berbisnis
      hehehe

      Delete
  9. setuju, meski diberi kebebasan, tapi juga harus diawasi. Yaa cara paling ampuh adalah menjadi sahabatnya

    ReplyDelete
  10. Seorang anak ibarat kertas yang masih polos. Perlu di poles dan didik supaya menjadi manusia yang berbakti he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbakti kepada kedua orang tua dan juga harus mandiri

      Delete
  11. menyimak saja, karena belum pernah punya anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kalau gitu mas
      saya juga lagi nyimak aja nich
      hehe

      Delete
  12. Anak saya udah bisa mandi sendiri
    Apa termsk mandiri ya om..

    ReplyDelete
  13. iya kalau bisa anak sejak kecil mandiri ya mas, mandi sendiri getu hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha

      Mandiri memang sering disalahartikan menjadi mandi sendiri
      hehehe

      Delete