Back to Top
Artikel Terbaru
Home » » Teknik Mengingat dan Menghafal Cepat

Teknik Mengingat dan Menghafal Cepat

Hai kawan ONshare™ kali ini saya ingin berbagi artikel tentang bagaimana Teknik Untuk Mengingat dan Menghafal Secara Cepat, perlu diketahui bahwa sebenarnya pikiran kita ternyata memiliki kapasitas yang lebih mendasar dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Teknik mengingat kondisi ruangan atau sebuah tempat akan mengisi kapasitas yang paling fundamental di dalam otak manusia dan membantu mempelajari serta menyerap banyak informasi lebih dari pada yang kita perkirakan.
Tentu saja teknik ini yang mengalahkan porsi kemampuan bahasa dalam otak manusia. Dengan teknik ini pula, siapapun dapat menghafal lebih cepat hal-hal yang tampaknya sulit, contoh yang diberikan oleh seorang ahli ingatan, Ed Cooke yang akan membayangkan kondisi sebuah rumah untuk menghafalkan periode geologis. Periode pertama adalah Quaternary diimajikan dengan seorang yang sedang memotong pizza seperempat dalam bahasa inggris disebut "quatering" sehingga terdengar kata yang mirip dengan quaternary.
Ed menjelaskan bahwa semakin nyata dan semakin konyol apa yang kita bayangkan maka akan lebih mudah untuk menghafalnya. Teknik menghafal semacam ini akan lebih baik jika imajinasi yang digunakan merupakan kreasi diri sendiri, sehingga akan lebih mengingatnya. Dengan teknik memori spasial dan permainan kata seperti ini pula, seseorang tidak sekedar hafal melainkan dapat menguasai urutan hal yang dihafalkan dengan baik, sehingga saat mendapati pertanyaan yang tidak sesuai urutan tetap dapat menjawabnya. Jika memiliki kesulitan dalam menghafal sesuatu, maka cara ini dapat digunakan. Pilih satu lokasi beserta isinya yang mudah diingat kemudian aplikasikan dalam sebuah bahasan yang ingin dihafal. Ingat semakin nyata dan semakin lucu imajinasi yang dibuat maka lebih cepat untuk mengingatnya.
Mungkin itu saja kawan yang dapat yang saya bagi pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan jika berkenan tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini, terima kasih.


Sumber : Majalah PRESTASI

Dapatkan Update Artikel Terbaru

Follow Us

Di Posting Oleh : Mas Onqi

Hai Kawan ONshare™, perkenalkan saya Onqi dari Gresik Jawa Timur. Kegiatan saya sehari-hari adalah bekerja dan juga kuliah, untuk kegiatan blogging ini adalah kegiatan untuk mengisi waktu luang saja. dan terima kasih kawan ONshare™ sudi mengunjungi blog saya ini.
Artikel Dilindungi Oleh : DMCA.com

40 comments:

  1. bermanfaat sekali mas infonya, kebertulan saya suka lupa kalau urusan hafalan, hehehe :D makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena faktor U kali ya
      hehehe

      sama-sama mbak :D

      Delete
  2. terima kasih mas atas infonya sangat bermanfaat sekali buat saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas
      senang rasanya bisa bermanfaat buat orang lain.

      Delete
  3. tipsnya oke banget nih mas, mengingat sesuatu dengan membayangkan hal yang lain :)

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat tips mengingat dan menghafal ini untuk dicuba praktikkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dipraktekan mbak mizz Aiza

      Delete
  5. saya lagi nggak mau nginget2 bro. apalagi nginget mantan.. ahahaha
    saya butuh cara ngilangin ingatan dengan cepat..hahah

    komen balik ya
    http://zon-go.blogspot.com/2014/02/menghilangkan-banner-otentikasi-saat-login-bitvise.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,,,,langsung benturin tembok sob
      nanti akan hilang ingatan
      hahaha

      Delete
  6. teknik yang sangat bermanfaat sekali bos, thx sharingnya yia........

    ReplyDelete
  7. wah artikelnya bermanfaat banget nie mas, secara saya orangnya pelupa banget apa jangan-jangan karna fakto U ya? Masa sih, padahal saya kan masih abg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena faktor U mas
      hehehe
      jadi gak usah dipaksakan
      :D

      Delete
  8. hah...siapa yang masih dibangku sekolah tu boleh apply ilmu ni...

    terima kasih kerna sudi follow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak tapi kalaupun sudah tidak sekolah juga bisa mencoba teknik ini

      sama-sama mbak

      Delete
  9. Cocok banget nih tipsnya, kebetulan otak saya sudah agak lemot, maklum sudah mulai pikun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      masih mudah gitu kok sudah mulai pikun sob :D

      Delete
    2. Ya begitulah... :)
      Sudah saya follow back blognya Mas :)

      Delete
    3. Oke mas
      thanks
      salam persaudaraan

      Delete
  10. Tehnik yang luar biasa ya mas :)
    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe
      masak luar biasa sih mas dan sama-sama mas

      Delete
  11. wah trik super sobat, mantap sekali

    ReplyDelete
  12. usia sepertinya juga mempengaruhi daya ingat seseorang yaa mas seperti saya ini yang mau beranjak kelupaan, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah wah
      emang sudah mau tua ta sob?
      diundur gitu gak bisa ta tuanya
      hehe

      Delete
  13. akhir-akhir ini saya pelupa sih, jadi bisa dipraktekkan

    ReplyDelete
  14. boleh banget triknya...
    memang otak manusia lebih mudah mengingat sesuatu yang bersifat konyol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak
      Aneh bin ajaib jadinya
      hehe

      Delete
  15. sewaktu masih muda dulu saya cepat menghapal, sekarang pelupa wkwkwk

    ReplyDelete
  16. Untuk urusan hafall menghafal ini sedikit susah jika memang yang di hafal banyak sekali. tapi jika kita memahami materi apa yang akan kita hafalkan pasti mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan
      tentu kita harus memahami terlebih dahulu

      Delete
  17. wah boleh juga nih tips nya dicoba agar mudah hafalannya ya mas :)

    ReplyDelete
  18. info yang sangat bermanfaat mas, dan patut di coba ni teknik nya

    ReplyDelete
  19. Pas nih buat saya, sering lupa dengan hapalan. terimakasih sob, salam perkenalan ya ^_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba sob tekniknya
      salam perkenalan juga sob

      Delete